Dalam era teknologi yang semakin berkembang, pembelajaran tidak lagi terbatas pada buku cetak atau gambar statis. Sebagai guru, saya tertantang untuk menciptakan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi siswa kelas 5. Salah satu inovasi yang saya kembangkan adalah buku "Mengenal Suku Bangsa" berbasis augmented reality (AR). Buku ini tidak hanya menyediakan informasi tentang suku-suku bangsa di Indonesia, tetapi juga memanfaatkan teknologi AR agar siswa dapat berinteraksi langsung dengan konten pembelajaran.
Setelah materi siap, saya menggunakan aplikasi AR yang dapat diakses melalui smartphone. Ketika siswa memindai barcode dengan ponsel mereka, gambar suku bangsa yang terkait akan muncul secara interaktif di layar. Tugas siswa adalah mencocokkan gambar yang muncul dengan informasi yang ada di buku, lalu mengidentifikasi suku bangsa tersebut.
Melalui proyek ini, saya belajar banyak tentang bagaimana teknologi dapat meningkatkan minat belajar siswa. Selain itu, siswa juga diajak untuk lebih aktif dan kreatif dalam memahami materi. Penggunaan AR membuat pelajaran tentang suku bangsa menjadi lebih hidup, menyenangkan, dan tak terlupakan.


0 Komentar