Dalam upaya untuk membuat pembelajaran IPA lebih menarik bagi siswa kelas 5 di MIN 9 Kota Banda Aceh, saya mencoba pendekatan yang berbeda dengan memanfaatkan teknologi. Kali ini, saya menggunakan platform Educaplay untuk membuat sebuah game edukasi yang bisa dimainkan di laptop maupun ponsel. Game yang saya buat memiliki tema "Froggy Jump," di mana siswa harus membantu katak melompat dari satu daun lili ke daun lili lainnya. Namun, agar katak bisa melompat, mereka harus menjawab soal-soal terkait Perkembangan Vegetatif, sebuah topik penting dalam pelajaran IPA.
Klik Link Game yang sudah saya buat di educaplay: game saya
Langkah pertama adalah menyusun soal-soal yang tidak hanya sesuai dengan kurikulum, tetapi juga cukup menantang untuk memacu pemikiran kritis siswa. Setelah merancang soal-soal tersebut, saya memasukkannya ke dalam template game "Froggy Jump" di Educaplay. Proses ini cukup detail, namun hasil akhirnya sangat memuaskan karena game ini mampu menggabungkan pembelajaran dengan elemen permainan yang menyenangkan.
Komentar dari Fajrah membuat saya yakin bahwa pendekatan kreatif ini berhasil membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi mereka. Dengan memanfaatkan teknologi dan metode pembelajaran yang interaktif, saya berharap bisa terus memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan edukatif bagi siswa. Pengalaman ini mengajarkan saya bahwa mengajar tidak hanya tentang menyampaikan materi, tetapi juga tentang bagaimana membuat siswa benar-benar menikmati proses belajarnya.



0 Komentar